Rabu, 18 April 2012

Tim Robotika Indonesia Raih Piala Di Amerika

Jakarta - Tim robotika asal Indonesia berhasil meraih delapan piala dalam ajang kompetisi Robot Internasional di Amerika Serikat.
Tim robot tersebut berhasil dalam ajang international 19th Annual Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2012 di kampus Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat.

Seperti yang dikutip dari inilahjabar Selasa (3/3), Ketua tim robot Indonesia Kusprasapta Mutijarsa menyatakan, "Tim robotika dari Universitas Komputer Indonesia, Institut Teknologi Telkom, dan Institut Teknologi Bandung berhasil membawa delapan gelar."

Delapan gelar juara yang diraih oleh tim robotika asal Indonesia adalah, Tim robotik Unikom berhasil meraih tiga gelar yakni juara pertama Robowaiter Entry Level (tim DU99RWS4-V12), juara pertama Robowaiter Advanced Division (tim DU99RWE4-V12) dan juara kedua Robowaiter Advanced Division (tim DU99RWE-V12).

Sedangkan tim IT Telkom berhasil menyabet tiga gelar yakni juara pertama untuk Fire Fighting Robot Senior Division (robot beroda), oleh tim Hamazar, juara pertama Fire Fighting Robot Walking Division (robot berkaki) oleh tim Arjuna, dan peringkat kedua di kategori Fire Fighting Robot Senior Division bersama tim Garuda 1.

Tim robot ITB berhasil meraih dua gelar yaitu peringkat dua (tim Yaqut) dan tiga (tim Aqabah) untuk kategori Fire Fighting Robot Walking Division (robot cerdas pemadam api divisi berkaki).
Ketiga kampus itu telah berjuang dalam kontes robot yang berlangsung 30 Maret-1 April 2012. Selain itu perwakilan negara-negara yang turut serta diantaranya, China, Israel, dan Portugis.

Tim dari Indonesia berjumlah 20 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pendamping dari tiga perguruan tinggi yang turut mengikuti kompetisi. Mengenai pembiayaan, tidak semua tim dibiayai oleh Dikti Depdiknas, namun ada beberapa yang pergi atas biaya mandiri.

Kusprasta menjelaskan bahwa, "Untuk yang dibiayai Dikti yakni dari tim robot cerdas beroda IT Telkom dan tim robot ceras berkaki ITB". Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest merupakan kompetisi tahunan robot cerdas yang sudah berlangsung selama 19 tahun dan menjadi acuan kompetisirobot pemadam api di dunia. [mor]


Sumber : Inilah.com




0 komentar:

Posting Komentar